Selasa, 16 Februari 2016

Cara Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah Dengan Mudah

07.54 Posted by Unknown No comments
Sampai dengan saat ini sampah masih menjadi masalah serius yang dihadapi oleh Negara Indonesia. Terutama di beberapa kota besar dengan jumlah penduduk yang cenderung padat, tentu saja penggunaan sampah juga akan semakin meningkat.

Tidak hanya pemandangan kurang sedap saja yang kita dapatkan ketika melihat tumpukan sampah, namun juga adanya resiko bencana banjir dan penyebaran wabah penyakit juga mengancam masyarakat di sekitar kita.

Berdasarkan deļ¬nisi dari (WHO), sampah merupakan suatu barang yang sudah dak digunakan lagi atau sesuatu yang dibuang yang berasal dari kegiatan manusia dan kegiatan ini dak dapat terjadi dengan sendirinya. Jika dilihat dari sifatnya, sampah dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah non organic.

Sampah organik merupakan sampah yang dapat dengan mudah membusuk dan diuraikan, misalnya saja sisa makanan, sayuran, dedaunan kering dan lain sebagainya. Sedangkan sampah non organik merupakan sampah dak mudah membusuk, misalnya saja seper plask pembungkus makanan, botol, kaleng, gelas minuman, plask mainan, kayu dan lain sebagainya.

Selama ini masyarakat hanya mengetahui runitas membuang sampah di tempat sampah kemudian menyerahkan urusan selanjutnya kepada petugas kebersihan, lalu mereka menganggap urusan tersebut telah selesai sampai disitu saja.

Padahal, runitas tersebut menyebabkan gunungan-gunungan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Semakin tingginya gunung-gunung sampah ini tentu saja juga dapat menyebabkan masalah tersendiri, yaitu masalah kesehatan, pencemaran lingkungan dan juga mengganggu keindahan lingkungan.

Padahal, perlu Anda ketahui bersama bahwa ada beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk mengurangi penumpukan sampah, salah satu caranya adalah dengan mendaur ulang sampah. Tanpa kita sadari, kegiatan daur ulang sampah ternyata dak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan namun juga bisa mendatangkan keuntungan bagi para pelakunya.

Selain kita bisa ikut serta menjaga kebersihan lingkungan, menyelamatkan bumi dari kerusakan dan menyelamatkan umat manusia dari ancaman penyakit berbahaya, daur ulang sampah juga bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah dari hasil usaha mendaur ulang sampah.

Misalnya dengan mengubah sampah yang dak berguna menjadi produk baru yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi cukup tinggi di pasaran.

Cara memulai bisnis daur ulang sampah

  1. Pilihlah jenis sampah apa yang akan Anda daur ulang. Ada baiknya bila Anda memilih sampah yang mudah didapat di lingkungan Anda dan tentunya yang paling menguntungkan.
  2. Paskan produk baru hasil daur ulang sampah yang akan Anda buat sesuai dengan kebutuhan pasar. Misalnya seper membuat bahan bakar alternaf dari sampah, memproduksi pupuk organik, atau bisa juga membuat aneka kreasi kerajinan tangan.
  3. Untuk kebutuhan bahan baku sampah, Anda bisa mendapatkannya dari sampah dari rumah sendiri, dari tetangga, ataupun bekerja sama dengan beberapa pengepul sampah yang ada di sekitar lokasi Anda.
  4. Sebagai tambahan modal skill, Anda bisa mengiku pelahan, seminar, ataupun kursus pengolahan sampah menjadi produk baru yang lebih berguna.
  5. Merekrut pekerja yang mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam mengolah sampah sehingga mampu menghasilkan produk sesuai dengan yang Anda inginkan.
  6. Menyediakan modal usaha, namun modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis daur ulang sampah ini dak terlalu besar karena bahan baku sampah dapat dibeli dengan harga yang murah bahkan bisa didapatkan secara gras. Dan sebagai langkah awal Anda bisa memanfaatkan peralatan rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan alat dan perlengkapan usaha.
  7. Menyediakan ruangan atau gudang untuk penyimpanan bahan baku. Usahakan tempat untuk menampung bahan baku terpisah dengan rumah karena bahan baku sampah tersebut mungkin saja menjadi tempat bersarangnya kuman penyakit.
Nah, setelah membaca step by step bisnis daur ulang sampah, kini giliran Anda menentukan ide bisnis yang akan dijalankan dan mulailah acon dari sekarang!

Satu hal lagi yang perlu Anda ingat bahwa memulai bisnis daur ulang sampah dak hanya akan mendatangkan keuntungan besar bagi Anda sebagai pelaku usaha, tetapi juga membuat Anda menyelamatkan lingkungan di sekitar Anda sehingga terlihat lebih bersih, indah dan tentunya terbebas dari tumpukan sampah. Semoga bisa bermanfaat. Salam sukses!

0 komentar:

Posting Komentar