Selasa, 16 Februari 2016

Peluang Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik, Usaha Masa Depan

06.59 Posted by Unknown No comments
Sampah plastik merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tidak dapat terpisahkan. Jumlah sampah plastik  semakin hari kian menggunung dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) juga kian sempit karena telah melewa batas penampungan. Berbagai macam cara telah dilakukan untuk menangani masalah sampah, namun tetap saja belum bisa terselesaikan.

Seiring dengan perkembangan teknologi di Negara kita ini, kebutuhan akan plastik juga semakin meningkat sehingga sampah plastik yang dihasilkan mau tidak mau juga meningkat. Ditambah lagi, plastik  mempunyai waktu yang lama jika harus melewa proses daur ulang secara alami karena plastik  tidak dapat membusuk, tidak dapat menyerap air, tidak dapat terurai, sehingga sampah menjadi permasalahan yang serius bagi lingkungan hidup.

Proses daur ulang sampah plastik  yang dilakukan sekarang ini untuk menanggulangi masalah penumpukan sampah masih berbanding jauh dengan besarnya jumlah plastik  yang dihasilkan. Melihat kondisi yang seper itu, maka dibutuhkan sebuah ide dan kreafitas guna untuk menekan jumlah sampah plastik  menjadi sebuah barang yang dapat dimanfaatkan kembali.

Pernahkah terlintas dalam benak Anda bahwa begitu banyaknya tumpukan sampah plastik  ini memiliki peluang bisnis yang bagus untuk mendatangkan keuntungan yang besar. 

Produksi sampah yang tinggi menjadikan peluang bisnis dengan bahan dasar sampah plastik ini titidak akan pernah kehabisan bahan bakunya. Dan keunggulan menjalankan bisnis daur ulang sampah plastik  ini adalah hanya dibutuhkan modal kecil saja karena harga bahan baku yang murah sangat berpengaruh pada hasil akhir produk daur ulang.

Salah satu contoh yang bisa menjadi ide bisnis adalah mengubah sampah plastik  menjadi produk untuk keperluan rumah tangga. Ada beberapa jenis barang yang bermanfaat dari daur ulang sampah plastik , misalnya saja seper keranjang sampah, souvenir, tas, dompet dan lain sebagainya. Ketika sampah plastik  tersebut telah disulap menjadi bentuk dan fungsi lain yang lebih bermanfaat maka semua itu adalah peluang bisnis alternatif dari sampah plastik  yang menguntungkan.

Sampah plastik  yang dapat digunakan kembali sebagai bahan baku produksi untuk membuat kerajinan tangan sangat bermacammacam. Mulai dari sampah plastik  keras yang berasal dari botol minuman sampai dengan sampah plastik  lunak yang berasal dari kantong plastik. 

Bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan tangan sebagai salah satu ide bisnis disini diantaranya adalah benang, lem, kawat dan pewarna jika diperlukan. Setelah semuanya tersedia, Anda hanya nggal menentukan ide untuk kreasi produk yang berguna dan inovaf. Pasnya yang mempunyai nilai jual tinggi dipasaran.

Kekuatan produk dari hasil daur ulang sampah plastik  ini tidak dapat diragukan lagi. Selain plastik  merupakan bahan yang terbuat dari sintes yang bersifat tahan lama, jika dibuat dan diproses dengan teli maka ngkat keawetan produk juga bisa semakin tahan lama. 

Semua produk yang memiliki nilai seni serta manfaatnya yang luas maka secara otomas pasar akan sangat antusias meresponnya. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis daur ulang sampah plastik  ini juga presentasinya sangat tinggi karena harga bahan bakunya murah sehingga hanya membutuhkan modal kecil.

Peluang bisnis daurulang sampah plastik  ini termasuk dalam kategori industri global, dimana bisnis ini tidak hanya untuk industri dalam skala besar saja melainkan usaha kecil dan menengah juga dapat mengubah sampah plastik  menjadi produk yang bermanfaat. 

Jika Anda adalah salah satu orang yang peduli dengan lingkungan hidup, memiliki ide-ide yang inovaf maka peluang bisnis daur ulang sampah plastik  ini dapat menjadi pilihan untuk mendapatkan keuntungan besar. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sampah Jadi Rupiah Dengan Sentuhan Tangan-tangan Kreatif

Sampah adalah konsekuensi dari adanya akvitas manusia yang sangat kompleks. Segala akvitas manusia pas akan menghasilkan sampah, sehingga volume atau jumlah sampah sebanding dengan ngkat konsumsi barang yang kita gunakan seap harinya. Oleh sebab itu pengelolaan sampah dak dapat terlepas dari pengelolaan gaya hidup masyarakat.

Dalam pengelolaan sampah sering muncul adanya masalah-masalah yang tentunya bisa menghambat proses pengelolaan sampah, diantaranya adalah biaya operasional dan kian sulitnya menemukan tempat untuk pembuangan akhir sampah. Kondisi yang seper itu tentu saja dapat berdampak pada ngginya tumpukan sampah yang bisa mencemari dan merusak lingkungan hidup.

Namun, siapa sangka jika dengan sentuhan tangan-tangan kreaf, sampah dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dengan mengubahnya menjadi suatu produk kerajinan tangan yang bernilai ekonomi. Selain itu program pengelolaan sampah juga bisa menyelamatkan lingkungan hidup dari limbah sampah.
Contoh Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Benda Yang Bermanfaat
Contoh Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Benda Yang Bermanfaat

Peluang bisnis seper itu tentunya dak disia-siakan oleh banyak orang. Meskipun hanya dengan memanfaatkan limbah sampah yang dak bernilai, namun peluang bisnis dari limbah sampah ini menjanjikan keuntungan besar bagi para pelaku bisnisnya. Bahkan dak sedikit dari pelaku bisnis ini mampu mengantongi keuntungan hingga 50% dari seluruh omset yang mereka dapatkan.

Contohnya saja seper Indra Noviansyah telah berhasil mengubah pandangan buruk masyarakat tentang sampah menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menggiurkan dan bisa mendatangkan keuntungan besar seap bulannya. Ia telah lama menggelu bisnis daur ulang sampah khususnya limbah plask untuk diolah menjadi biji besi. 

Saat ini bersama beberapa pengusaha muda lain, Novin menjalankan bisnis recycling ini di tujuh kota besar di Indonesia, bahkan belum lama ini telah membuka cabang perusahaan di Miri, Malaysia. 

Tak kalah kreaf dengan ide cemerlang Indra Noviansyah, di tangan Vanda Amesiana (37) sampah tumpukan daun kering, plask kemasan sabun, serbuk gergaji, dan kain perca bak yang sebelumnya hanya menjadi barangbarang terbuang bisa disulap menjadi aneka macam produk kerajinan yang memiliki nilai jual cukup nggi di pasaran. 

Mengusung Giva Art Cra sebagai nama perusahaan yang tengah Ia kembangkan, ibu dua anak ini seap bulannya bisa memproduksi sedikitnya 2.000-3.000 pcs souvenir daur ulang. Dengan mengandalkan pemasaran online, sekarang ini jangkauan pasarnya sudah meluas hingga merambah Provinsi Lampung, sebagian besar daerah lain di Sumatera, serta beberapa wilayah di Pulau Kalimantan.

Begitu juga dengan Suyanto dan sang istri yang memberanikan diri membuka usaha pembuatan kerajinan mozzaic limbah kaca dengan brand Surya Citra Mozzaic. Tak perlu waktu lama bagi Suyanto untuk memperkenalkan kerajinan mozzaic tersebut. 

Menurutnya jumlah pelaku bisnis kerajinan mozzaic ini dinilai masih cukup sedikit sedangkan pasarnya masih sangat terbuka lebar, tak heran bila saat ini kerajinan Surya Citra Mozzaic sudah bisa menjangkau berbagai daerah seper Yogyakarta, Jakarta, Banten, hingga Aceh. 

Dari yang awalnya Ia hanya memproduksi kerajinan mozzaic dari limbah kaca, kini Suyanto beserta istrinya mulai membuat mozzaic kayu dan juga mozzaic limbah kulit telur.

Dengan sentuhan kreavitas, di tangantangan pelaku bisnis tersebut tumpukan sampah yang awalnya terbuang bisa dikreasikan menjadi produk-produk baru yang dak hanya bernilai jual cukup nggi di pasaran namun juga mampu menembus pasar nasional maupun internasional. Jadi, tunggu apalagi? Kalau mereka bisa, Anda pas juga bisa! 

0 komentar:

Posting Komentar